Sabtu, 09 Maret 2013

Combo Box dan Option Button – Delphi 7

Salam Luar Biasa nich Untuk Hari ini. *hehehehehe Asik Asik Asik Hari Sabtu Waktunya Liburan nich dari Rutinitas Kantoran *hihihihi jadi bisa nyempetin buat bikin Materi Blog ini. Siapa tau bisa berguna buat temen temen yang memang sedang / baru Belajar Delphi 7 Sama Seperti Saya b(^o^)d. Untuk Materi Kali ini Seperti Judul Diatas Kita bakal mengenal Component Tab Standart Delphi Yang biasa kita temui di Kebanyakan Software Software Programing. Apa itu, Yupssss Combo Box dan Radio Button. Component ini biasanya sering kita pakai dalam pembuatan aplikasi atau program ya karena fungsinya memang sangat dipakai.

Apa Sich Combo Box, Component Combo Box Pada Delphi 7 adalah semacam List Edit Box dimana kita tidak perlu menuliskan teks disana karena dia sudah menyiapkan teks yang akan ia tampilkan sesuai string / kata yang kita setting di sana. Jadi Semacam Pilihan Jawaban yang tinggal kita pilih dengan format List Down. Untuk Component ada di tab Standart dengan Icon Seperti Berikut ini :
 Kalo Radio Button Apaan Sih itu ???, *hmmmmm kalau radio button ialah component dimana kita bisa memberikan pilihan hanya dengan mengklik salah satu dari opsi radio button yang ada. Penyelasan mudahnya ya suatu component pemilihan yang formatnya berbeda dengan combo box yang menggunakan drop down kalau radio button berupa pilihan Option Radio atau titik hitam di tengah lingkaran ^.^’. Untuk Component Radio Button terdapat pula di tab standart dengan Icon Sebagai Berikut :
Teorinya Udah Sekarang langsung Aja Praktek penggunaannya Ya, Pertama Tama Buat tampilan Form Sebagai Berikut :

Ubah Properties Tiap Object Sebagai Berikut :

Nah Berikut Alur dari Program nya, Saat Program Dijalankan Maka Combo Box akan terisi 2 Pilihan Item Yakni :
1. Sistem Informasi.
2. Technik Komputer.
Saat Radio Button dipilih Pagi / Siang maka edit box akan memunculkan teks ‘ Waktu Kuliah Anda Pagi / Siang’.
Saat Radio Button dipilih Sore / Malam maka edit box akan memunculkan teks ‘Waktu Kuliah Anda Sore / Malam’.
Dan Saat Button Keluar Di Klik Maka akan keluar dari program,
Berikut List Code Programnya : Untuk Mengisi Combo Box kita bisa menggunakan 2 cara, yakni mengisi langsung pada saat design form dengan mengisinya pada properties name Items Combo Box seperti Gambar berikut ini :
Klik Kota Kecil pada Properties Name combo_jurusan, maka akan muncul dialog Box sebagai berikut :
Kita Tinggal Menuliskan Items / isi list yang ingin ditampilkan setiap baris kata kita tinggal enter. jika semua sudah tinggal klik Ok Saja. maka pada saat program dijalankan maka combo_jurusan akan menampilkan teks yang sudah kita setting tadi.
Namun ada satu cara lagi Mengisi items list pada combo box Delphi 7,  yakni dengan menggunakan coding dimana kita mengatur list yang dimunculkan pada saat form dijalankan dengan menggnakan code program delphi 7, berikut Code Programnya :
1procedure Tfrm_materi4.FormCreate(Sender: TObject);
2begin
3 
4  combo_jurusan.Items.Add('Sistem Informasi');
5  combo_jurusan.Items.Add('Technik Komputer');
6 
7end;
code tersebut kita bisa terjemahkan sebagai berikut : event formcreate berati code dijalankan pada saat program dijalankan, pada combo_jurusan.items beratir pada properties items add berarti ktia menambahkan (‘Sistem Informasi’) kenapa diberikan kutip karena yang akan kita masukkan berupa teks.
Berikut Code Radio Button nya :
1procedure Tfrm_materi4.radio_pagiClick(Sender: TObject);
2begin
3 
4  edit_waktu.Text:='Waktu Kuliah Anda Pagi / Siang Hari';
5 
6end;
Kalau Radio Button Pagi / Siang di Klik atau dipilih maka edit_waktu akan mengmpilkan teks := ‘Waktu Kuliah Anda Pagi / Siang hari’
1procedure Tfrm_materi4.radio_malamClick(Sender: TObject);
2begin
3 
4    edit_waktu.Text:='Waktu Kuliah Anda Sore / Malam Hari';
5 
6end;
Sama halnya dengan Radio Button Malam, Berikut Code Untuk Button Keluar :
1procedure Tfrm_materi4.button_keluarClick(Sender: TObject);
2begin
3 
4  close;
5 
6end;
Berikut Untuk tampilan Program Saat Sudah Dijalankan :
Combo Jurusan bisa di drop down dengan pilihan Items Sistem Informasi Masi Dan Technik Komputer.
Pada Saat Radio Button Sore / Malam Dipilih Maka Muncul Teks Pada Edit Box Waktu dengan Teks Yang Sudah Ditentukan ‘Waktu Kuliah Anda Sore / Malam Hari’.
Nah Mudah kan, Sekarang kita sudah mengenal 2 componen Combo Box dan Radio Button Kalau ada keinginan belajar itu tidak sulik kok. Nah Untuk Memperlancar penggunaan Combo Box dan radio button. Mengisi List Items Combo Box dengan coding, temen temen bisa download latihan untuk materi kita kali ini dan dipraktekkan langsung. Ikuti Saja Soalnya kemudian jika ada kesulitan bisa di lihat list Coding Jawabannya yang juga sudah disiapkan.

0 komentar:

 
Design by http://eksperimen007.blogspot.com/ | Bloggerized by Yoksin Yonathan